10 Jenis Dan Tipe Pedang Samurai

10 Jenis Dan Tipe Pedang Samurai - Mungkin anda sering mendengar "pedang samurai" atau pernah melihatnya di televisi dalam film-film ninja atau anda juga memilikinya. Pedang Samurai merupakan senjata khas Jepang, dan biasanya dipakai oleh para ninja. Ternyata, samurai itu banyak sekali jenis dan tipenya. Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut 10 jenis dan tipe pedang samurai.

1. TANTO


Pedang ini dibawa oleh putri sebagai pertahanan diri. Ukuran pedang ini sekitar 25 cm, masuk dalam kategori pisau. Biasanya digunakan untuk menusuk secara tiba-tiba. Pada zaman dahulu, perempuan Jepang membawa Tanto di balik obi (ikat pinggang kimono) untuk pertahanan diri atau melakukan serangan mendadak.

2. WAKIZASHI


Wakizashi merupakan pedang samurai dengan panajang antara 30-60 cm. Para samurai biasa menggunakannya sebagai secondari weapon.

3. KODACHI


Pedang Kodachi lebih panjang dari Wakizashi, tetapi lebih pendek dari Katana. Biasa digunakan sebagai perisai dalam hand to hand combat. Pedang ini lebih melengkung dari Wakizashi dan pedang ini pun cukup ringan sehingga memudahkan penggunanya untuk bergerak lincah.

4. KATANA


Katana merupakan pedang khas ninja yang biasa disimpan di punggungnya. Pedang ini merupakan pedang umum dengan panjang antara 60-80 cm. Selain dipakai ninja, pedang ini juga biasa dibawa oleh para samurai untuk mempresentasikan status sosialnya.

5. TSURUGI


Pedang ini tidak serupa dengan pedang lainnya. Pedang ini tidak melengkung, tetapi lurus seperti pedang Korea. Tsurugi merupakan pedang tipe broadsword, lebih berat dibanding pedang lainnya. Pedang ini sangat cocok digunakan untuk menghadapi musuh bertameng.


6. CHOKUTO


Sama seperti Katana, hanya saja tidak melengkung tetapi lurus. Ditemukan sebelum zaman Heian sebelum orang Jepang menemukan teknik melengkungkan pedang. Karena pedangnya lurus, jadi sulit digunakan dan dipakai dalam pertempuran. Setelah ditemukannya Katana, Chokuto masih tetap di produksi, tetapi kebanyakan berfungsi sebagai ceremonial sword.

7. NINJA-TO


Pedang ini biasa digunakan para ninja, selain Katana. Ringkas dan ringan, membuat pedang ini mudah untuk dimasukkan ke dalam baju.

8. NODACHI DAN ODACHI


Pedang ini sangat panjang, sekitar 80 sm. Pedang ini biasa digunakan untuk membelah pasukan berkuda beserta kudanya. Pembuatan pedang ini termasuk dalam kategori sulit, sehingga pedang ini merupakan pedang langka.

9. NAGAMAKI


Termasuk dalam kategori belati, digunakan untuk serangan mendadak. Penggunaan pedang ini tidak seefisien Tanto, tetapi pedang ini memiliki keindahan lebih.
Baca juga :
► 10 Ikan Berwajah Paling Menyeramkan Di Dunia
► 10 Lukisan Pembawa Kutukan Kematian
► 10 Rumah Termahal Dan Termewah Di Dunia
10. NAGINATA


Merupakan tombak dengan mata pisau Katana. Digunakan prajurit wanita untuk melakukan pertarungan jarak menengah. Gagang pedang ini dibuat dari kayu dan mata tombak katana melengkung.

loading...

0 Response to "10 Jenis Dan Tipe Pedang Samurai"

Post a Comment

>> Silahkan Berkomentar Dengan Bijak !